Home Forum Download Email Scroll Top

Sejarah Dan Contoh Gerakan Tarian Kupu Kupu

tarian kupu kupu menjadi salah satu tarian khas Indonesia, yang wajib untuk kita jaga dan lestarikan. Tapi, tahukan anda bahwa salah satu tarian tradisional ini berasal dari Bali? Sayangnya Hanya segelintir orang yang mengetahui hal tersebut.

Bali menjadi tempat yang cukup unik baik dari segi budaya, kesenian, dan sebagainya. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh terkait tarian tradisional di Indonesia, tentu anda juga wajib mengetahui tarian yang satu ini.

Kali ini Nyervis pun akan mengulas lebih jauh terkait tarian kupu kupu kepada anda, baik dari segi sejarah, dan beberapa contoh gerakan tari kupu-kupu kepada anda dengan lengkap.

Tarian Kupu Kupu

Bali menjadi ikon Indonesia, yang mana ada banyak sekali negara lain yang mengenal Indonesia melalui Bali. Tentu saja, hal tersebut terjadi karena keunikan dari pulau Bali itu sendiri yang kaya akan budaya.

Salah satu budaya yang cukup kental di Bali adalah tarian khas Bali, dan menariknya ada banyak sekali tari asli Bali. Tak sama dengan tari kecak khas bali dan beberapa tarian khas bali yang lain, tari kupu kupu ini cukup unik dan memiliki daya tarik tersendiri.

Sesuai dengan namanya tarian ini sendiri terinspirasi dari gerakan seokor kupu kupu biru tua atau yang biasa disebut dengan tarun yang biasa hinggap dan terbag di antara bunga bunga dengan bebasnya. Tentu saja, tarian ini memiliki gerakan yang hampir sama, yakni kebebasan.

Sejarah Tarian Kupu Kupu

Untuk sejaranya, tarian ini sendiri berasal dari sebuah daerah yang bernama Desa Mas, yang letaknya berada di Ubud, Kabupaten Gianyar. Uniknya, tarian ini akan diiringi dengan gamelan angklung yang mana membuat semua gerakan menjadi semakin menarik tidak hanya enak dilihat tapi juga memanjakan telingga anda.

Mulanya, tarian ini tercipta dari keinginan pelukis wisatawan asing yang bernama Walter Spice, yang mana ingin membuat gamelan angklung dalam bentuk seni pertunjukan. Tentu saja, tujuan dari gagasan tersebut untuk memberikan tontonan yang tidak monoton.

Namun, penciptanya sendiri adalah I Wayan Beratha yang mana adalah seorang seniman tari asal Bali, yang lahir pada tahun 1926. Namun untuk tarian ini sendiri baru tercipta pada tahun 1960an.

Gerakan Tarian Kupu Kupu

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa tarian ini sendiri terinspirasi dari sebuah gerakan kupu kupu, dimulai saat menjadi kepompong sampai menjadi kupu kupu yang bisa terbang bebas.

Namun, ada beberapa poin penting dari gerakan tari kupu kupu yang perlu untuk anda perhatikan. Beberapa penari tentu wajib menguasai setiap poin tersebut. Apa saja poin penting dari gerakan tari kupu kupu? Berikut ini beberapa poinnya.

  • Ngegol, yang mana adalah gerakan pinggul ke atah kanan dan kiri yang diimbangi dengan gerakan kaki kanan dan kaki kiri
  • Ngeseh, yakni adalah gerakan saat mengangkat bahu
  • Nyeledet, selanjutnya adalah gerakan bola mata dari kanan dan kiri yang juga diikuti oleh gerakan kepala
  • Ileg-ileg, untuk yang satu ini adalah gerakan untuk leher saat menoleh ke arah kanan dan kiri
  • Cegut, terakhir adalah gerakan saat kepada menoleh ke arah bawah.

Nah, itulah sejarah dan gerakan Tarian Kupu Kupu yang penting untuk anda ketahui.

Default image
Editor Nyervis
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments